BAB
III (REVISI)
ANALISA SISTEM
TinjauanOrganisasi
SejarahSingakatYayasan Islamic Center Ar – Rahmah
Islamic Centre
Ar-Rahmahadalahlembagasosialdandakwahmilikumat Islam.LembagainididirikanatasprakarsaYayasanKesejahteraan
Muslim Raflesia, YayasanFajarHidayahdanYayasanJam’iyyahAr-Rahmah, sertadidukungoleh
PEMDA DEPOK danwargaperumahan Bukit Rafflesia (sekarang Raffles Hills)
danmasyarakatsekitarnya. Kesepakatanpendirian Islamic Centre tercatatdalamsuratperjanjianbersamapadatanggal
9 April 2001 yang ditandatanganiolehYayasanKesejahteraan Muslim Raflesia,
YayasanFajarHidayah, YayasanJam'iyyahAr-RahmahdanditandatanganijugaolehWalikotaDepokBapakBadrulKamal
danCamatCimanggisBapakRumanulHidayat. Pembangunan Islamic Centre Arrahmah di
Perumahan Bukit Raflesiadilaksanakansetelahmendapatpersetujuanhakgunatanahfasos/fasumseluas
3.235 M2.padatahuntanggal 9 Oktober 2000 danIzinMendirikanBangunan (IMB) pada
16 Maret 2001 daripemerintah Kota Depok. dengandanaawalRp. 38.500.000, YayasanKesejahteraan
Muslim Raflesiadan Rp.500.000.000,dariYayasanAr – Rahmah yang bersumberdari
donator TimurTengah. Alhamdulillah dengandukunganYayasanFajarHidayah,
wargaRaflles Hills danpara donator MasyarakatsekitarpembangunanFisik Islamic
Center Ar- RahmahsekaranginitelahmenelandanasekitarlebihdariRp. 2 Milyar. Adanya
Islamic Centre Ar-Rahmahdiharapkanmenjadipusatkegiatanumatislammasyarakatperumahan
Raffles Hills dansekitarnyasertamenjadisalahsatu motor penggerakkemajuanumatislamsecaraumum.AsramaYatim
Islamic Center Ar-Rahmahdibangundiatastanah se luas 490 M2 di kompleks Islamic
Center Ar – Rahmah, Raffles Hills. Asramainididirikansebagaisaranauntukmembinadanmengasuhanak
– anakyatim, yatimpiayatudandhuafa, agar merekamenjadigenerasibangsa yang
cerdas, kreatif, tangguhdanuletdalammenyelesaikanmasalahdanmemilikikeimanan
yangkokoh.Pembinaandanpengasuhandilakukanuntukmengembangkankecerdasanintelektual,
emosioanldan spiritual sebagai modal untukmenyongsongmasadepanlebihbaik.
Struktur
Organisasi
Suatuorganisasi yang baikpada umumnyamempunyaisuatustruktur
organisasiyang dapatuntuk membatasipembagian–pembagian kerjapadamasing-
masingbagian.Dalam halini struktur organisasi merupakandasaryang mempersatukanfungsi-fungsiperusahaan.AdapunstrukturorganisasipadaYayasan Islamic Center Ar – Rahmah Raffles Hills
sebagaiberikut :
Gambar
3.1Struktur Organisasi Yayasan
Islamic Center Ar – Rahmah
Keterangan
:
BadanPendiri& Pembina :
YayasanKesejahteraan Muslim Raflesia
: YayasanFajarHidayah
: YayasanJam'iyyajAr-Rahmah
Penasehat :
H. DjodjoSutardjo
: H. Sumarsono, SH
: H. Abdullah Sa'idBaharmus, Lc
: Hj. DragaRangkuti, MBA
KetuaUmum Islamic Center :
H. MirdasEkaYora, Lc, Msi
PenanggungJawab Pembangunan :
H. UbungSuburKusrin
Ketua DKM :
H. AchmadChalifah Chandra
SekertarisUmum :
Ahmad Jamil BB, SPdi
ManegerEksekutif :
SatriSyamsir, S.
KoordinatorAsrama :
Muhammad Aniq, Lc
PJ.Pendidikan :
PJ.Adminitrasi :
Hutriyanto
Kebersihan :
Nanang
Katering :
Yadi
Keamanan :
Supandi
Visi
danMisiYayasan Islamic Center Ar –Rahmah
Visi
Memajukanumat, mewujudkanmasyarakatmadani.
Misi
1. Menjadikan masjid sebagaipusatkegiatanumat
Islam.
2. MengembangkandakwahIslamiyah.
3. Menjalinsilaturrahmimerajutpersatuandankesatuaumatislam(ukhuwahislamiyah).
3. Mengadakanpendidikandanpelatihan.
4. Mendidik,
membinadanmengasuhanak-anakyatim/ yatim-piatudandhuaffa.
Tujuan
Adapun
tujuan yang hendak dicapai oleh Yayasan Islamic
Center Ar – Rahmahadalah:
1. Terwujudnya generasi muslim yang memiliki keimanan yang
kokoh.
2. Terwujudnya
pribadi yang berakhlaqul karimah.
3. Terwujudnya
pengelolaan pembejaran yang bermutu.
4. Terwujudnya
lulusan yang bekualitas tinggi.
5. Terwujudnya
generasi yang mandiri dan bertanggung
jawab.
6. Terwujudnya
sarana dan prasarana yang memadai.
7. Terwujudnya
generasi muslim yang cinta tanah air
Tata Laksana Sistem
yang Berjalan
Berikut merupakan gambaran
mengenai sistem yang saat ini digunakan dalam pengelolaan data santri atau pun alumni di Yayasan Islamic Center Ar – Rahmah:
Use
Case
Gambar
3.2Use Case Diagram Sistem yang
sedangberjalan
Activity
Diagram
a.
Activity
Input
Gambar
3.3Activity Diagram Input data
b.
Activity
Kelola
Gambar
3.4Activity Diagram Kelola data
c.
Activity
Lihat
Gambar
3.5Activity Diagram Lihat data
d.
Activity
Cetak
Gambar
3.6Activity Diagram Cetak data
Sequence Diagram
a.
Sequence
Input
Gambar
3.7Sequence Diagram Input data
b.
Sequence
Kelola
Gambar
3.8Sequence Diagram Kelola data
c.
Sequence
Lihat
Gambar
3.9Sequence Diagram Lihat data
d.
Sequence
Cetak
Gambar
3.10Sequence Diagram Cetak data
Permasalahan yang
Dihadapi
Identifikasi masalah merupakan
langkah awal yang harus dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah dapat
diuraikan melalui pertanyaan yang harus dipecahkan. Masalah inilah yang
merupakan penyebab utama dari tidak tercapainya tujuan sebuah sistem.
Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan mengenai tentangsistem
informasi pengelolaan data santridan
alumni di Yayasan Islamic
Center Ar – Rahmah, permasalahan yang dihadapi adalah
sebagai berikut:
a.
Penyimpanan data
alumni
yang masih dalam
bentukkumpulan
berkas-berkassehinggadata - data alumnibisa
hilangataurusak.
b. Proses pencarian data alumni memerlukan
waktu yang
lama, dan ketelitianyangtinggidikarenakan harusdilakukan secaramanual.
c. Belumterdapatsuatuforumuntuk para
alumnidapatberinteraksi denganpihak sekolahmaupun berinteraksidengan alumni yang lain.
Alternatif Pemecahan
Masalah
Berdasarkan
penelitian mengenai permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan mengelola data alumni di Yayasan Islamic Center Ar – Rahmah,
maka penulis memberikan beberapa alternatif dari permasalahan tersebut yang
diharapkan alternatif tersebut dapat memecahkan bahkan menyelesaikan
permasalahan yang terjadi saat ini.
Berikut
beberapa alternatif pemecahan masalah yang penulis simpulkan:
a. Perlu dirancangsuatu sistem informasialumni
berbasisweb dimanadalamsistemtersebutdata
alumni akan disimpan dalam sebuah databasesehinggadapatmengurangiterjadinyadata
alumni
yanghilangdan mengurangi redudansidata.
b. Perlu dirancang
suatu database
alumniyang dapatmemudahkan prosespencariandata
alumni
sehinggadapat mempersingkat waktu dalammelakukanpencarian dataalumni.
c. Dalam sistem tersebut akan dirancang fasilitas forumdiskusidimanapara alumnidapat berinteraksidenganpihak
sekolah maupun berinteraksi
dengan alumni yang lainnya.
User
Requirement
Elisitasi
Tahap I
Functional
|
|
Analisa Kebutuhan
|
|
Saya ingin sistem dapat:
|
|
1.
|
Menampilkan Form Login
|
2.
|
Menampilkan Halaman Utama
|
3.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkantahun lulus.
|
4.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkannamasekolah.
|
5.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkanstatus.
|
6.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar Pengurus.
|
7.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan tahun lulus
|
8.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan namasekolah.
|
9.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan status
|
10.
|
Mencetak Laporan Data Pengurus
|
11.
|
Menampilkan
Halaman Logout atau Keluar
|
Table 3.1ElisitasiTahap I
Elisitasi Tahap II
Merupakan
hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode
MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan
harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk
dieksekusi.
1.
M pada MDI itu artinya Mandatory (penting). Maksudnya
requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat
sistem baru.
2.
D pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu
penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement
tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut
lebih sempurna.
3.
I pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian
dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian luar sistem.
Functional
|
||||
Analisa Kebutuhan
|
||||
Saya ingin sistem dapat:
|
||||
M
|
D
|
I
|
||
1.
|
Menampilkan Form Login
|
√
|
||
2.
|
Menampilkan Halaman Utama
|
√
|
||
3.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar Alumni berdasarkantahun lulus.
|
√
|
||
4.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkannamasekolah.
|
√
|
||
5.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkan status.
|
√
|
||
6.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar Pengurus.
|
√
|
||
7.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan tahun lulus
|
√
|
||
8.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan namasekolah.
|
√
|
||
9.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan status
|
√
|
||
10.
|
Mencetak Laporan Data Pengurus
|
√
|
||
11.
|
Menampilkan
Halaman Logout atau Keluar
|
√
|
||
Non Functional
|
||||
Saya ingin sistem dapat:
|
||||
1.
|
Proses
pembacaan record tidak terlalu lama
pada saat pencarian suatu record yang
dibutuhkan
|
√
|
||
2.
|
Seluruh
data hanya dapat diubah oleh administrator
|
√
|
||
3.
|
Tampilan
cukup sederhana dan mudah digunakan
|
√
|
Table
3.2ElisitasiTahap II
Elisitasi Tahap III
Merupakan hasil penyusutan dari
elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang option-nya
I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement
yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai
berikut:
- T = Technical, maksudnya bagaimana tata cara/teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.
- O = Operational, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.
- E = Economy, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut di dalam sistem.
Metode
TOE dibagi menjadi beberapa option,
yaitu:
a.
H = High, artinya sulit untuk dikerjakan.
Karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal.
b.
M = Middle, artinya mampu untuk dikerjakan.
c.
L = Low, artinya mudah untuk dikerjakan
Functional
|
T
|
O
|
E
|
|||||||
Risk
|
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
|
1.
|
Menampilkan Form Login
|
√
|
√
|
√
|
||||||
2.
|
Menampilkan Halaman Utama
|
√
|
√
|
√
|
||||||
3.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkantahun lulus.
|
√
|
√
|
√
|
||||||
4.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkannamasekolah.
|
√
|
√
|
√
|
||||||
5.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkan status.
|
√
|
√
|
√
|
||||||
6.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar Pengurus.
|
√
|
√
|
√
|
||||||
7.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan namasekolah.
|
√
|
√
|
√
|
||||||
8.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan status
|
√
|
√
|
√
|
||||||
9.
|
Mencetak Laporan Data Pengurus
|
√
|
√
|
√
|
||||||
10..
|
Menampilkan
Halaman Logout atau Keluar
|
√
|
√
|
√
|
Table
3.3ElisitasiTahap III
Keterangan:
Final Draft Elisitasi
Functional
|
|
Analisa Kebutuhan
|
|
Saya ingin sistem dapat:
|
|
1.
|
Menampilkan Form Login
|
2.
|
Menampilkan Halaman Utama
|
3.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkantahun lulus.
|
4.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkannamasekolah.
|
5.
|
Menampilkan Form Input, Edit,
Hapus dan Daftar alumni berdasarkan status.
|
6.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan tahun lulus
|
7.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan namasekolah.
|
8.
|
Mencetak Laporan Data Alumni berdasarkan status
|
9.
|
Menampilkan
Halaman Logout atau Keluar
|
Table
3.4Final Draft Elisitasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar